Trip to Senaru

Air Terjun Tiu Kelep

HiWORLD..
Hey yo watsabb.. Balik lagi di blog aneh, kemaren HIW sedikit jalan-jalan nih ke Desa Senaru, Kecamatan Bayan-KLU. Senaru menawarkan banyak tempat wisata alam yang luar biasa masbro diantaranya air terjun sendang gile, air terjun tiu kelep dan yang terbaru dan lagi ngetrend adalah kebun kopi senaru, meski sebenarnya HIW lebih memilih nama kebun coklat, masbro akan tau alasannya kalo udah kesana.

Rute ke Senaru dari Mataram

Jarak Desa Senaru degan kediaman HIW sekitar 77km kalau memilih jalur pusuk, HIW berangkat sekitar pukul 9.00 am agak kesiangan sih harusnya bisa berangkat lebih pagi kalau gak mau tersengat matahari khas lombok. Tapi maklum karena trip dadakan yang gak direncanakan, HIW berangkat berempat dengan kesayangan, dan dua orang aneh yang gak bisa pelan naik motor. Dan gak bisa HIW kejar.
Sampai di pertigaan Desa Karang Bajo sudah pukul 10.46 am, jika ingin ke senaru maka kita harus memilih belok kanan kecuali kalau ingin ke sembalun silahkan belok kiri. Setelah sekitar 5 menit dari pertigaan sampailah kita di Desa Senaru, meski sudah hampir jam 11 siang cuaca disini masih sejuk kayak jam 7 di kediaman HIW, maklum pegunungan masbro.

Sebelum foto-foto di spot pesen kopi dulu

Tujuan awal kita adalah kebun kopi, tempat wisata ini menawarkan pemandangan dengan tebing jurang nan hijau plus air terjun tiu kelem dari sisi atas, keren kan? Biasanya kalo ke air terjun cuma bisa liat ke atas lah disini air terjunnya dibawah. Lokasi kebun kopi ini berada di pelawangan senaru menuju ke Gunung Rinjani. Di lokasi ini disediakan portal atau apa lah istilahnya yang digunakan untuk menikmati air terjun tiu kelep dari ketinggian dan tentu ini adalah spot terbaik, tapi ingat harus safety first.

Menikmati Air Terjun Tiu Kelep dari ketinggian

Setelah puas menikmati pemandangan disini HIW dan rombonganlanjut ke air terjun sendang gile dan tiu kelep yang ada dibawahnya, karena bisa dibilang 3 paket wisata ini wajib dikunjungi kalo kita ke senaru. Setelah membayar biaya masuk sebesar Rp.5000/orang kita akan menuruni ratusan anak tangga dan membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai air terjun. Air terjun yang pertama adalah sendang gile dan jika ingin ke tiu kelep anda harus memilih jalur anak tangga lanjutan setelah sampai ke sendang gile, dari sini anda akan membutuhkan waktu tambahan sekitar 15 menit lagi. But believe me, kelelahan anda akan terbayar tuntas dengan indahnya gerombolan milayaran partikel air yang menghujam bebatuan dibawahnnya diantara hijaunya pakis-pakisan dan tumbuhan khas pegunungan. Subhanallah.. Sungguh indah karya Allah.

Foto-foto dulu biar kekinian

Last, dengan tingginya potensi wisata di lombok khususnya di senaru hal ini HIW buktikan dengan banyaknya wisatawan yang datang terutama wisatawan mancanegara, bahkan HIW rasa lebih banyak bule kemarin daripada warga lokal. Semoga pemerintah semakin dapat memaksimalkannya dengan menyediakan sarana dan prasarana yang lebih baik lagi agar wisatawan betah dan pengen balik lagi, gimana masbro masih gak mau ke lombok? Tapi saran HIW jangan deh ntar gak mau pulang lagi.

Model dadakan

Salam HIW..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s